Senin, 14 Maret 2011

bunyi beeb

AMIBIOS
Merek BIOS dari American Megatrends Inc, yang merupakan salah satu pembuat BIOS teratas didunia. Bunyi BIOS yang dikeluarkan oleh AMIBIOS cukup cepat, dan biasanya berbunyi segera setelah PC dinyalakan. Namun ada yang berbeda disini , BIOS dari AMIBIOS baru akan berbunyi jika ada masalah.

* * 1 beep sampai 3 beep, ada kaitannya dengan memory yang perlu dipasang urang atau dicoba dengan memory lain.
* * 4 beep, berkaitan dengan motherboard. Solusinya coba pasang ulang semua kartu tambahan yang ada, misalnya sound card, modem, tv tuner dll, kecuali video card.
* * 5 beep, ada kaitannya dengan error di processor atau kartu tambahan. Coba telusuri dulu dari kartu tambahan dengan memasangnya satu persatu. Bila semua kartu tambahan itu sudah dilepas semua tapi bunyi beep nya masih ada, coba telusuri ke processor.
* * 6 beep ada kaitannya dengan motherboard. Coba lakukan seperti pada kasus 5 beep. Jika belum berhasil maka siap2 ucapakan selamat tinggal pada motherboard anda.
* * 7 beep, berkaitan dengan error secara umum. Telusuri secara berurutan mulai dari kartu tambahan, processor, baru kemudian motherboard.
* * 8 beep, ada kaitannya dengan video card. Coba pasang ulang atau coba dengan video card lain. Jika video cardnya onboard, coba matikan dulu lewat bios dan gunakan video add on.
* * 9 beep, berhubungan dengan AMIBIOS ROM checksum error. Solusinya sama seperti 7 beep.
* * 10 beep, berkaitan dengan CMOS read/write error. Solusinya sama dengan 9 beep.
* * 11 beep, ada hubungannya dengan kegagalan cache memory solusinya pun sama persis dengan 10 beep.

AwardBIOS

Berikut adalah beberapa variasi beep yang diberikan oleh AwardBIOS :

* * 1 panjang, 2 pendek : ada permasalahan di video card anda. Coba pasang ulang tau coba video card lain.
* * 1 panjang, 3 pendek : tidak ada video card yang terdeteksi atau memory video cardnya error.
* * 1 beep panjang bernada tinggi atau beep pendek yang berulang-ulang artinya ada masalah di processor, yang bisa jadi karena kepanasan dipasangnya tidak benar dan bahkan rusak.
* * Beep lain selain sudah disebutkan di atas : ada error dimemory.



PhoenixBIOS



PhoenixBIOS mengeluarkan bunyi beep saat sebuah error fatal terjadi, PhoenixBIOS juga bisa menampilkan error tersebut pada sebuah perangkat bernama Port80b card. Kartu ini ditancapkan di slot PCI dan bisa menampilkan kode error yang terjadi untuk mengetahui error yang terjadi coba buka http://tinyurl.com/68685

Tidak ada komentar:

Posting Komentar